MAN 2 Yogyakarta Gelar Workshop Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Mutu Madrasah

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta lakukan Workshop Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Mutu Madrasah, Kamis (19/09/2024) di aula lantai 3. Singgih Sampurno, S.Pd, MA selaku Kepala Madrasah memimpin sekaligus mendampingi dalam workshop ini dengan moderator Wakaur Bidang Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Ag


Pendampingan Sulinjar dengan hadirkan narasumber Suwito, M.Pd. Sulingjar adalah salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemndikbudristek) yang tujuannya untuk mengevaluasi dan memperbaiki praktik pendidikan di Indonesia. Program ini ditujukan pada kepala sekolah dan guru untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar di satuan pendidikan di tempat mereka bertugas. (Sumber, https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/)


Suwito ajak bedah Rapor Pendidikan MAN 2 Yogyakarta untuk menelisik proses pembelajaran dengan survey untuk guru dan siswa. Data bahan pertimbangan hasil asesmen nasional, emis, ANBK, dan Simpeg 5.


Hal-hal yang ditegaskan Suwito tentang Rapor Pendidikan Kondisi layanan satuan pendidikan melalui Rapor Pendidikan, Satuan Pendidikan dapat mengetahui apa saja hal yang sudah berjalan dengan baik maupun yang masih perlu penguatan dalam


Rapor Pendidikan terdiri dari lima dimensi yang merefleksikan 8 SNP, serta terdiri dari indikator-indikator yang merefleksikan delapan Standar Nasional Pendidikan dan mencakup area yang berkaitan dengan input, proses, dan output pembelajaran.

8 Standar Nasional Pendidikan Output, Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pengelolaan, Standar GTK, Standar Pembiayaan dan Standar Sarpras.


Lima dimensi refleksi 8 SNP; Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik, Pemerataan pendidikan yang bermutu, Mutu dan relevansi pembelajaran,  Kompetensi dan kinerja CTK, Pengelolaan satuan pendidikan yang akuntabel.


Indikator Rapor Pendidikan mencerminkan ciri-ciri kualitas layanan yang ada di dalam visi sekolah yang kita cita-citakan. Kualitas satuan pendidikan dengan indikator; Pembelajaran berbasis dunia kerja yang berpusat pada murid, Pendidik reflektif, gemar belajar, berbagi, dan berkolaborasi; Iklim sekolah yang aman, inklusif, menerapkan budaya kerja, dan menyatakan kebinekaan; Kepemimpinan berjiwa wirausaha untuk perbaikan layanan berkelanjutan.

Banyak hal-hal lain yang disampaikan narasumber pada workshop ini, dilanjutkan simulasi akses melalui https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ (pusp)




Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
wa Chat via WhatsApp